Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu cara yang stategis bagi guru untuk memperbaiki layanan kependidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan kualitas program sekolah secara keseluruhan. Berdasarkan hal ini, Mc Niff (1992) menegaskan bahwa dasar utama bagi dilaksanakannya PTK adalah untuk perbaikan. Perbaikan disini dimaksudkan dalam konteks proses pembelajaran khususnya implementasi program sekolah umumnya. Tujuan itu dapat dicapai dengan mendiagnosa keadaan, lalu kemudian mencobakan secara sistematis berbagai tindakan alternatif dalam memecahkan permasalahan pembelajaran dikelas atau implementasi program sekolah. Sementara itu Borg (1986) menyebutkan bahwa tujuan utama PTK adalah pengembangan ketrampilan guru untuk menanggulangi berbagai permasalahan pembelajaran. Berdasarkan kedua pendapat tersebut, apabila perbaikan dan peningkatan layanan professional guru dalam konteks pembelajaran dapat terwujud berkat diadakannya PTK, maka terdapat tujuan penyerta sekaligus dapat dicapai dalam penelitian tersebut yaitu budaya meneliti dikalangan guru yang disertai dengan mekanisme koreksi diri (built-in self –correcting mechanism).[1]

Penelitian yang menggunakan ancangan penelitian tindakan kelas umumnya diarahkan pada pencapaian sasaran sebagai berikut:

  1. Memperhatikan dan meningkatkan kualitas isi, masukan, proses, dan hasil pembelajaran.
  2. Menumbuhkembangkan budaya meneliti bagi tenaga kependidikan agar lebih proaktif mencari solusi akan permasalahan pembelajaran.
  3. Menumbuhkan dan meningkatkan produktifitas meneliti para pendidik dan tenaga kependidikan, serta
  4. Meningkatkan kerjasama dalam memecahkan masalah pembelajaran.[2]

[1]Sukidin, dkk, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, (Insan Cendekia, 2002), hlm 36

[2] Suharsimi Arikunto, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009), hlm. 106

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s